Daftar Isi: Bab 1. Komunikasi. A. Dasar-dasar Komunikasi, B. Prinsip dan Kewajiban (tanggung jawab dalam Berkomunikasi), C. Tujuan-tujuan Spesifik dal Komunikasi, D. Bentuk, Ruanglingkup dan Jenis Komunikasi, E. Media yang Digunakan. Bab 2. Isu, Pesan, Informasi dan Hambatan dalam Komunikasi. A. Isu, Pesan dan Informasi, B. Hambatan (Kendala0 dalam Komunikasi. Bab 3. Komunikasi Dalam Manajemen dan Manajemen dalam komunikasi. A. Makna dan Rauanglingkup Manajemen, B. Hubungan Manajemen dan Komunikasi, C. Fungsi manajemen, D. Keahlian atau Keterampuilan dalam Bidang Manajemen, E. Beda Nuansa: "Human Relations" dan "Public Relations", F. Peringkat atau Jenjang Manajemen, G. Evaluasi Keberhasilan manajemen, H. Peran-peran Manajemen (Management Roles) I. Ciri-ciri Manajer Profesional. Bab 4. Dari Administrasi ke Hubungan Insani (Human Relations). A. Dari Administrasi ke Manajemen, B. Dari Manajemen ke hubungan Insani (Human Relations), C. Pengertian Human Relations, D. Faktor Manusia dalam Human Relation, E. Human Relations dan Interaksi dalam Organisasi, F. "Human Relations" dan "Public Relations", G. Prinsip dan Teknik Human Relations, H. Human Relations dan Motivasi, I. Konsep dan Kondisi Semangat kerja, J. Disiplin Kerja, K. Produktivitas Kerja, L. Hubungan Human Relations dengan Semangat Kerja. Bab 5. Media Efek Komunikasi. A. Hakikat dan Kegiatan Komunikasi, B. Unsur Komunikasi dan Komunikasi tanpa Menggunakan Media, C. Komunikator dan Komunikasi Efektif, D. Komunikasi Persuasif, E. Komunikasi Persuasif dan Informatif, F. Media Komunikasi, G. Poster Sebagai Sarana (Media) Komunikasi, H. Teknik Pembuatan Poster yang Baik, I. Hasil dan Efek Komunikasi. Bab 6. Hubungan Masyarakat (Public Relations). A. Definisi Hubungan Masyarakat, B. Fungsi dan Tujuan Hubungan Masyarakat, C. Humas Internasional, D. Perkembangan Public Relations, E. Ruang Lingkup Public Relations, F. "Hubungan Masyarakat" dan "Public Relations". Bab 7. Perencanaan Program Hubungan Masyarakat (Public Relations) Domestik dan Internasional. A. Model Perencanaan Program Public Relations, B. Faktor-faktor kajian dan Pertimbangan, C. Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam merencanakan Program, D. Teknik-teknik persuasi dalam kegiatan Humas (Public Relations). Bab 8. Hubungan Internasional; Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan. A. Kajian Awal, B. Penjelasan Faktor-faktor, C. Kesimpulan. Bab 9. Perspektif komunikasi Internasional dan Media Humas Internasional. A. Komunikasi Internasional dan Fungsinya, B. Perspektif dalam Komunikasi Internasional, C. Media untuk Program Humas Intenasional, C. Media untuk program Humas Internasional, D. Cara atau Teknik yang Digunakan untuk humas internasional. Bab 10. Humas Untuk memperbaiki Citra dan Menggalang Opini Publik; Analisis Strategi public Relations Amerika Serikat. A. Humas; Apresiasi Situasi, B. Upaya Memperbaiki Citra, C. Upaya Meningkatkan Citra, D. Mengarahkan Opini Publik, E. Strategi Public Relations AS di Indonesia, F. Invasi Militer AS ke Afghanistan, G. Kiontroversi Kebijakan Luar negeri AS Pasca Tragedi WTC, H. Kontroversi Perlakuan Terhadap Warga Muslim AS, I. kesimpulan. Bab 11. Humas Internasional dalam Perspektif Bisnis dan Diplomatik. A.Humas dan Pelayanan Konsumen, B. Promosi, pelatihan, dan SDiversifikasi Prodek, C. Public Relations (Humas) di Sektor Pariwisata, D. Konseptualisasi Humas dalam Diplomasi, E. Isu dan Realita, F. Kerusakan dan Perambahan Hutan, G. Sistem Penanggulangan Pasca Kerusakan Hutan, H. Hutan dan Humas Internasional, I. Isu Terorisme dan Operasi Militer. Bab 12. Teknik Propaganda dan Perlunya Strategi Kehumasan Dalam Kebijakan Luar Negeri. A. Name Calling, B. Glittering Generality, C. Transfer, D. Plain Folks, E. Testimonial, F. Selection (Pemilihan), G. Band Wagon, H. Frustation Scapegoat (mencari Kambing Hitam), I. Isu Terorisme, J. Citra Indonesia Pasca Tragedi Bom Bali, K. Menafsirkan dan Menjelaskan Duduk Persoalan, L. Strategi Kehumasan. Bab 13. Kerjasama Internasional dan komunikasi Budaya Dalam Pengembangan Pariwisata (Perspektif Bisnis). A. Organisasi Kerjasama Regional, B. Program Kegiatan ATIC, C. Humas dan Pengembangan Pariwisata, Komunikasi dan Seni - Budaya, E. Kumunikasi dan Pariwisata. Bab 14. Pengaruh dan Peranan Pers Dalam Era Globalisasi Terhadap Kebijakan Pemerintah (Public Policy). A. ers Sebagai "Opinion Leader", B. Pers dan kebijakan Pemerintah, C. Pengaruh Pers Asing (Internasional), D. Fenomena Globalisasi, E. Mitos Globalisasi dan Aspek-aspek Globalisasi, F. Interaksi dan Internasional, G. Pers, Globalisasi, Dan Perlunya "Media Watch", H. Pers Dalam Era Globalisasi. Daftar Pustaka