PERPUSTAKAAN UIN KHAS JEMBER

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Perpanjangan
  • Free Loan
  • Masuk
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Buku

Asesmen dan evaluasi pendidikan : pilar penyedia informasi dan kegiatan pengendalian mutu pendidikan

A. Muri Yusuf - Nama Orang;

Asesmen merupakan proses pengumpulan informasi secara sistematis terhadap masing-masing komponen, kegiatan dan pendidikan dan/atau pembelajaran, sedangkan evaluasi merupakan proses pemberian makna, arti dan nilai terhadap asesmen. Oleh karena itu, asesmen dan evaluasi merupakan bagian integral dari pendidikan dan upaya pengendalian mutu pendidikan. Asesmen sumatif dan formatif (summative and formative assessment) dalam konteks pendidikan, diarahkan untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik dan perbaikan proses pendidikan yang dilakukan pendidik dalam membelajarkan peserta didik. Selanjutnya berdasarkan data dan informasi yang tersedia dilakukan evaluasi untuk pengendalian dan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan (Continously quality improvemenf).

Sejalan dengan perkembangan konsep asesmen, maka di awal 1990-an, dipopulerkan pula istilah asesmen kelas (classroom assessment). Konstruk ini muncul, untuk mencari jawaban terhadap dua pertanyaan; (a) betapa efektifkah pendidik dalam membelajarkan peserta didik?; (b) betapa baikkah peserta didik dalam belajar? Di samping itu, ketidakpuasan para ahli terhadap penggunaan tes sebagai satu-sa-tunya instrumen dalam menilai proses dan dalam belajar peserta didik, merupakan faktor lain yang menopang “lahirnya” beberapa teknik baru dalam asesmen pendidikan dan pembelajaran.

Asesmen kelas (classroom assessment) merupakan suatu pendekatan dalam pendidikan/pembelajaran dan juga suatu set teknik asesmen, di mana pendidik mengumpulkan informasi tentang bagaimana keadaan, kegiatan, dan kemajuan peserta didik dalam belajar (student learning) serta menyediakan balikan yang dapat diberikan pendidik kepada peserta didik berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan. Sejalan dengan itu, pendidik dapat menata, memperbaiki ataupun menyempurnakan pendekatan dalam pendidikan yang akan digunakan pada kegiatan berikutnya.

Dengan kata lain dapat pula dikemukakan, asesmen kelas merupakan suatu set teknik asesmen yang dapat digunakan dalam memahami kondisi dan pengusaaan peserta didik dalam materi pelajaran yang sudah diberikan, dan juga merupakan suatu pendekatan untuk memahami kekurangan dalam proses pembelajaran berdasarkan informasi asesmen yang dikemukakan peserta didik. Oleh karena itu, asesmen kelas merupakan suatu cara yang sederhana, namun sangat bermakna di mana pendidik dapat mengumpulkan informasi tentang peserta didik sejak awal dan sesering mungkin, bagaimana mereka (peserta didik) belajar tentang materi pelajaran yang telah dibelajarkannya dan selanjutnya diberikan balikan (feedback) kepada peserta didik; diperkaya, dimatangkan, dan ditingkatkan dalam kegiatan pendidikan berikutnya. Dapat juga dilakukan melalui pendidikan perbaikan


Ketersediaan
TD20241502TD 371.26 YUS a C.1Perpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - NO LOAN
SR20241501SR 371.26 YUS a C.2Perpustakaan PusatTersedia
SR20241500SR 371.26 YUS a C.3Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.26 YUS a
Penerbit
Jakarta : Kencana., 2017
Deskripsi Fisik
xxiv, 344 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786021186664
Klasifikasi
371.26
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Evaluasi Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UIN KHAS JEMBER
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan memiliki aneka koleksi monograf dan serial, baik berupa fiksi atau non fiksi, dalam bentuk cetak dan digital. Koleksi monograf dan serial selain disajikan secara langsung juga disajikan secara online dalam format E-Book, E-Journal, dan Repository. Format sajian elektronik disuguhkan untuk memudahkan akses tanpa batas dari berbagai belahan dunia.

Statistik Pengunjung Online:

Hari ini: 1 Pekan Terakhir: 1 Bulan Terakhir: Total Keseluruhan:

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik