Buku
Asesmen dan evaluasi pendidikan : pilar penyedia informasi dan kegiatan pengendalian mutu pendidikan
Asesmen merupakan proses pengumpulan informasi secara sistematis terhadap masing-masing komponen, kegiatan dan pendidikan dan/atau pembelajaran, sedangkan evaluasi merupakan proses pemberian makna, arti dan nilai terhadap asesmen. Oleh karena itu, asesmen dan evaluasi merupakan bagian integral dari pendidikan dan upaya pengendalian mutu pendidikan. Asesmen sumatif dan formatif (summative and formative assessment) dalam konteks pendidikan, diarahkan untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik dan perbaikan proses pendidikan yang dilakukan pendidik dalam membelajarkan peserta didik. Selanjutnya berdasarkan data dan informasi yang tersedia dilakukan evaluasi untuk pengendalian dan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan (Continously quality improvemenf).
Sejalan dengan perkembangan konsep asesmen, maka di awal 1990-an, dipopulerkan pula istilah asesmen kelas (classroom assessment). Konstruk ini muncul, untuk mencari jawaban terhadap dua pertanyaan; (a) betapa efektifkah pendidik dalam membelajarkan peserta didik?; (b) betapa baikkah peserta didik dalam belajar? Di samping itu, ketidakpuasan para ahli terhadap penggunaan tes sebagai satu-sa-tunya instrumen dalam menilai proses dan dalam belajar peserta didik, merupakan faktor lain yang menopang “lahirnya” beberapa teknik baru dalam asesmen pendidikan dan pembelajaran.
Asesmen kelas (classroom assessment) merupakan suatu pendekatan dalam pendidikan/pembelajaran dan juga suatu set teknik asesmen, di mana pendidik mengumpulkan informasi tentang bagaimana keadaan, kegiatan, dan kemajuan peserta didik dalam belajar (student learning) serta menyediakan balikan yang dapat diberikan pendidik kepada peserta didik berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan. Sejalan dengan itu, pendidik dapat menata, memperbaiki ataupun menyempurnakan pendekatan dalam pendidikan yang akan digunakan pada kegiatan berikutnya.
Dengan kata lain dapat pula dikemukakan, asesmen kelas merupakan suatu set teknik asesmen yang dapat digunakan dalam memahami kondisi dan pengusaaan peserta didik dalam materi pelajaran yang sudah diberikan, dan juga merupakan suatu pendekatan untuk memahami kekurangan dalam proses pembelajaran berdasarkan informasi asesmen yang dikemukakan peserta didik. Oleh karena itu, asesmen kelas merupakan suatu cara yang sederhana, namun sangat bermakna di mana pendidik dapat mengumpulkan informasi tentang peserta didik sejak awal dan sesering mungkin, bagaimana mereka (peserta didik) belajar tentang materi pelajaran yang telah dibelajarkannya dan selanjutnya diberikan balikan (feedback) kepada peserta didik; diperkaya, dimatangkan, dan ditingkatkan dalam kegiatan pendidikan berikutnya. Dapat juga dilakukan melalui pendidikan perbaikan
TD20241502 | TD 371.26 YUS a C.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - NO LOAN |
SR20241501 | SR 371.26 YUS a C.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
SR20241500 | SR 371.26 YUS a C.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain